Rencana Penataan Ruang Kota Pekalongan Berkelanjutan

img

Pekalongan merupakan kota kecil di Jawa Tengah yang dilalui jalur pantura. Kota yang terkenal sebagai penghasil batik berkualitas ini ternyata mempunyai cukup banyak prestasi yang berhubungan dengan tata ruang kota. Kota Pekalongan pernah meraih prestasi sebagai predikat Juara 1 Nasional dalam penghargaan Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) tahun 2012 dari Kementrian PU, yakni di bidang penataan ruang di tingkat kota. Selain menjadi yang terbaik 1 di bidang penataan ruang Kota Pekalongan juga menyabet predikat Terbaik III (Juara III) penghargaan PKPD-PU Bidang Cipta Karya untuk kategori kota sedang / kecil tahun 2012. dalam bidang ini, Kota Pekalongan berada di bawah Kota Probolinggo (Terbaik I) dan Payakumbuh (Terbaik II).

Salah satu faktor yang mempengaruhi untuk bisa masuk menjadi nominator, adalah bahwa kota yang bersangkutan harus sudah punya Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RT/RW). Kebetulan, Kota Pekalongan sudah punya Perda ini sejak tahun 2011 tentangRencana 30 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Pekalongan tahun 2009-2029 yang ditetapkan pada tahun 2011. jadi, yang juga dinilai adalah tentang produk-produk aturan yang menyangkut tata ruang,” .

Tata ruang Kota Pekalongan sebagian besar memang sudah cukup baik. Namun, di beberapa sektor tata kota Pekalongan masih belum tertata dengan baik. Misalnya, di Pekalongan terdapat banyak pabrik batik yang selalu membuang limbahnya. sebagian pemilik pabrik akan membuang limbahnya ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi ekosistem sungai dan ekosistem-ekosistem yang menjadi tempat pembuangan limbah pabrik dan sampah rumah tangga. Maka dari itu, perlu adanya saluran pembuangan limbah serta proses penyaringan atau suatu sistem pengolahan limbah. Tindakan ini perlu dilakukan agar pembangunan kota dapat berjalan seimbang dengan pelestarian lingkungan

Tata Ruang 12

Belum ada komentar